Kelebihan dan kekurangan kurikulum
2013
Cukup
panjang sekali perjalanan dan perkembangan kurikulum dalam dunia pendidikan
diIndinesia, mulai dari kurikulum paska kemerdekaan hingga jurikulum tahun 2006
yang berlaku sampai akhir tahun 2012 lau. Dan pada akhirnya kurikulum berganti
atau terjadinya “penyempurnaan” .
Tentu
saja pergantian kurikulum tersebut bertujuan sangat baik, terlepas ada
kepentingan yang menungganginya, dan semua tujuan itu tidak terlepas dari
meningkatnya kualitas proses pembelajaran serta rancangan pembelajaran yang ada
disekolah.
menurut beberapa
ahli pendidikan, perubahan kurikulum dari masa kemasa, baik diIndonesia maupun
dinegara lain, disebabkan karena kebutuhan masyarakat yang setiap tahunnya
selalu berkembang dan tuntutan zaman yang selalu berubah tanpa bias dicegah.
Perkembangan kurikulum diharapkan dapat penentu masa depan anak bangsa, oleh
karena itu, kurikulum yang baik akan sangat diharapkan dapat dilaksanakan
diindonesia sehingga akan menghasilkan masa depan anak bangsa yang cerah yang
berimplikasi pada kemajuan bangsa dan Negara.
Setiap kurikulum
yang telah berlaku diindonesia dari periode sebelum tahun 1945 hingga kurikulum
tahun 2006, tentu saja memiliki beberapa perbedaan dalam system yang
diterapkan.perbedaan sistem yang terjadi bias berupa kelebihan maupun
kekurangan dari kurikulum itu sendiri. Kekurangan dan kelebihan itu sendiri
dapat berasal dari landasan, komponen, evaluasi, perinsip, metode, maupun model
pengembangan kurikulum..
Kurikulum 2013
yang mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2013-2014 pada sekolah yang ditunjuk
pemerintah, maupun pada sekolah yang sudah siap melaksanakannya. Meskipun masi
premature, namun ada beberapa hal yang dirasakan oleh banyak kalangan terutama
yang langsung berhadapan dengan kurikulum itu sendiri. Terdapat beberapa hal
penting dari perubahan atau penyempurnaan kurikulum tersebut, yaitu keunggulan
dan kekuranan yang terdapat disana-sini .
a. Keunggulan
kurikulum 2013
·
Siswa lebih dituntut aktif, kreatif dan inovatif
dalam setiap pemecahan masalah yang mereka hadapi disekolah
·
Adanya penilaian dari semua aspek
·
Munculnya pendidikan karakter dan pendidikan
budi pekerti yang telah diintegrasikan kedalam semua program studi.
·
Adanya kompetensi yang sesuai dengan tuntunan
fungsi dan tujuan pendidikan nasional
·
Kompetensi yang dimaksud menggambarkan secara
holistic domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
·
Dan banyak sekali kompetensi yang dibutuhkan
sesuai dengan perkembangan kebutuhan seperti pendidikan karakter, metodologi
pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan.
·
Hal yang paling menarik dari kurikulum 2013 ini
adalah sangat tanggap terhadap fenomena dan perubahan sosial.
2. kelemahan
kurikulum 2013
·
Guru banyak salah kaprah, karena beranggapan
dengan kurikulum 2013 guru tidak perlu menjelaskan materi kepada siswa dikelas,
padahal banyak mata pelajaran yang harus tetap ada penjelasan dari guru.
·
Banyak sekali guru-guru yang belum siap secara
mental dengan kurikulum 2013 ini.
·
Kurang pemahaman dari guru mengenai konsep
pendekatan scientific.
·
Kurangnya keterampilan guru merancang RPP
·
Guru tidak banyak menguasai penilaian autentik
·
Tidak pernahnya guru dilibatkan langsung dalam
proses pengembangan kurikulum 2013, karena pemerintah cendrung melihat guru dan
siswa mempunyai kapasitas yang sama.
·
Beban belajar siswa dan termasuk guru terlalu
berat, sehingga waktu belajar disekolah terlalu lama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar