Senin, 26 Desember 2016

Aliran Skeptisisme



Aliran Skeptisisme


Istilah Skeptisisme diambil dari bahasa Yunani “Skeptomai” yang secara harfiah berarti “saya pikirkan dengan seksama” atau saya lihat dengan teliti”. Kemudian dari situ diturunkan arti yang biasa dihubungkan dengan kata tersebut, yakni “saya meragukan”. menurut Hamdi Zaqzuq dalam bukunya “Tamhid lil Falsafah” asal kata Skeptisisme memiliki arti pemeriksaan dengan seksama atau penelitian dan eksplorasi. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya zaman, kata Skeptisisme memiliki makna yang berbeda, yakni seseorang yang mengambil posisi kognitif (pengetahuan faktual yang empiris) dan memiliki batasan dalam penolakan ilmu pengetahuan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia skep-tis berarti kurang percaya, ragu-ragu (terhadap keberhasilan ajaran dsb). Sedangkan skeptis-isme yaitu aliran (paham) yang memandang sesutau selalu tidak pasti (meragukan, mencurigakan). Jadi secara umum skeptis-isme adalah ketidakpercayaan atau keraguan seseorang terhadap sesuatu yang belum tentu kebenarannya. 
Hamdi Zaqzuq dalam bukunya membahas kritikan Socrates terhadap kaum Sofis. Ia menjelaskan 3 teori kaum Sofis terhadap kebenaran pengetahuan:
1.    Tidak ada suatu kebenaran.
2.    Apabla ada suatu kebenaran, maka manusia sebatas apa yang ia ketahui.
3.    Jika kita berasumsi bahwa manusia mengetahui suatu kebenaran, maka ia tidak akan bisa menyampaikan hal tersebut kepada orang lain.
Kemudian Socrates membantah teori tersebut, dengan memberikan 2 pandangan umum:
1.    Pandangan yang menolak kebenaran pengetahun, yakni menolak kemampuan manusia dalam mencapai suatu kebenaran pengetahuan yang hakiki, Kelompok ini disebut kaum skeptik 
2.    Pandangan yang yang menerima kebenaran pengetahuan, yakni menerima bahwa manusia memiliki kemampuan dalam mencapai kebenaran pengetahuan yang hakiki, Kelompok ini desebut kaum yang percaya dan yakin .
Aliran Skeptisisme terbagi menjadi beberapa macam bagian dan ada dua yang paling penting, yakni Skeptisisme menyeluruh dan Skeptisisme parsial (sebagian). Skeptisisme menyeluruh memiliki dua bagian:
a.    Skeptisisme menyeluruh kognitif: ini merupakan bagian dari aliran skeptisisme yang menolak segala bentuk pengetahuan dan pengertian pengetahuan disini memiliki arti yang luas.
b.    Skeptisisme menyeluruh nyata: ini merupakan bagian dari aliran skeptisisme parsial yang lebih menyeluruh dari bagian sebelumnya, skeptisisme disini tidak hanya menolak kemungkinan untuk mengetahui kebenaran, akan tetapi juga menolak hakikat kebenaran itu sendiri.
Skeptisisme parsial juga terbagi menjadi beberapa bagian dan ada dua bagian penting, yakni:
a.    Skeptisisme parsial eksperimen: ini merupakan bagian dari Skeptisisme yang berkaitan dengan dasar ilmu eksperimen. maka bentuk keragu-raguan disini terdapat pada dasar ilmu, ketika berkaitan dengan kemungkinan untuk mencapai ungkapan umum dalam ilmu eksperimen, maka wujud keragu-raguan terdapat pada prediksi. Jika berkaitan dengan kesimpulan pemikiran yang bertolak dengan kaidah, maka bentuk keragu-raguan terdapat pada kesimpulan.
b.    Skeptisisme parsial moral: dari sebab-sebab penting yang mendasari perbedaan pendidikan dan pandangan terhadap moral terdapat pada ajaran yang diperoleh dari agama atau diluar agama, bagi berbagai  masyarakat di berbagai zaman. Bentuk keragu-raguan terhadap moral diiringi dengan keragu-raguan terhadap agama, atau keragu-raguan pada makna dan kepentingannya. Tidak ada pandangan khusus tentang pembahasan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar