Sabtu, 17 Desember 2016

Pengertian psikologi perkembangan dan tujuan, fungsi, manfaat psikologi perkembangan



Pengertian psikologi perkembangan dan tujuan, fungsi, manfaat psikologi perkembangan


A.     Pengertian psikologi perkembangan.
Psikologi berasal dari bahasa Yunani kuno ‘psychae’ berarti jiwa dan logia berarti ilmu. Sehingga secara etimologis psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Jadi dapat disimpulkan psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai prilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah.para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikolog. Psikologi dibedakan menjadi 2 cabang yaitu psikologi teoritis dan psikologi terapan. lalu dalam psikologi teoritis dibagi menjadi dua yaitu psikologi umum dan khusus, psikologi umum adalah psikologi teoritis yang mempelajari aktivitas mental manusia yang bersifat umum dalam rangka mencari dalil-dalil umum dan teori-teori psikologi. Sedangkan psikologi khusus adalah psikologi teoritis yang menyelidiki segi-segi khusus aktivitas mental manusia, psikologi khusu terdiri dari : psikologi perkembangan, psikologi sosial, psikologi kepribadian, psikologi abnormal, psikologi diferensial, psikologi industry.
Perkembangan adalah suatu proses perubahan, yaitu perubahan dari suatu keadaan yang lain, dan ini terjadi pada diri seseorang secara terus-menerus sepanjang hayatnya. Perkembangan itu bergerak secara berangsur-angsur tapi pasti, yang kian hari kian bertambah maju, mulai dari masa pembuahan dan berakhir dengan kematian.
Psikologi perkembangan adalah suatu ilmu yang merupakan dari bagian psikologi. Dalam ruang lingkup psikologi ini termasuk psikologi khusus, yaitu psikologi yang mempelajari kekhususan dari tingkah laku individu. Psikologi perkembangan secara sederhana dapat disimpulkan sebagai cabang dari psikologi yang membahas tentang gejala jiwa seseorang baik menyangkut perkembangan atau kemunduran prilaku seseorang sejak masa konsepsi hingga dewasa.dapat pula disimpulkan bahwa psikologi perkembangan merupakan cabang dari psikologi yang membahas tentang arah atau tahapan kemajuan dari prilaku yang mempertimbangkan philogenetik dan ontogenetic, termasuk semua fase pertumbuhan dan penurunan.
B.     Tujuan, fungsi, dan manfaat psikologi perkembangan.
1.      Tujuan mempelajari psikologi perkembangan peserta didik.
Untuk mengetahui tingkah laku individu itu sesuai atau tidak dengan tingkat usia/perkembangannya. Untuk mengetahui tingkat kemampuan individu pada setiap fase perkembangannya. Untuk mengetahui kapan individu bias diberi stimulus pada tingkat perkembangan tertentu. Agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan dihadapi anak
2.      Fungsi psikologi sebagai ilmu
Ø  Menjelaskan yaitu mampu menjelaskan apa, bagaimana dan mengapa tingkah laku itu dapat terjadi.
Ø  Memprediksikan yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkahlaku itu terjadi.
Ø  Pengendalian yaitu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan.
Psikologi sangat berperan dalam berbagai aspek kehidupan sehingga psikologi mempunyai banyak fungsi diantaranya untuk memperoleh pengetahuan tentang prilaku, kodrat, tabiat, atau pribadi manusia sehingga berbagai masalah sosial akan dapat dipecahkan dengan bekal ilmu psikologi tersebut.
3.      Kegunaan mempeajari psikologi.
Dengan mempelajari psikologi diharapkan anda akan mampu memahami diri anda dan individu pada umumnya dengan lebih baik sehingga anda dapat membina dan mengembangkan kearah kehidupan yang lebih positif sesuai dengan tuntutan guru yaitu dapat memberikan bantuan pada perkembangan fisik maupun psikis anak seopytimal mungkin, memilih dan menentukan tujuan materi dan strategi belajar sesuai dengan tingkat kemampuan intelektual anak, menghadapi anak dengan benar, dalam membentalam membentuk prilaku yang benar serta dapat terhindar dari pemahaman yang salah tentang anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar