Senin, 12 Desember 2016

Kelebihan dan kekurangan kurikulum 2013



Kelebihan dan kekurangan kurikulum 2013 

                Cukup panjang sekali perjalanan dan perkembangan kurikulum dalam dunia pendidikan diIndinesia, mulai dari kurikulum paska kemerdekaan hingga jurikulum tahun 2006 yang berlaku sampai akhir tahun 2012 lau. Dan pada akhirnya kurikulum berganti atau terjadinya “penyempurnaan” .
                Tentu saja pergantian kurikulum tersebut bertujuan sangat baik, terlepas ada kepentingan yang menungganginya, dan semua tujuan itu tidak terlepas dari meningkatnya kualitas proses pembelajaran serta rancangan pembelajaran yang ada disekolah.
menurut beberapa ahli pendidikan, perubahan kurikulum dari masa kemasa, baik diIndonesia maupun dinegara lain, disebabkan karena kebutuhan masyarakat yang setiap tahunnya selalu berkembang dan tuntutan zaman yang selalu berubah tanpa bias dicegah. Perkembangan kurikulum diharapkan dapat penentu masa depan anak bangsa, oleh karena itu, kurikulum yang baik akan sangat diharapkan dapat dilaksanakan diindonesia sehingga akan menghasilkan masa depan anak bangsa yang cerah yang berimplikasi pada kemajuan bangsa dan Negara.
Setiap kurikulum yang telah berlaku diindonesia dari periode sebelum tahun 1945 hingga kurikulum tahun 2006, tentu saja memiliki beberapa perbedaan dalam system yang diterapkan.perbedaan sistem yang terjadi bias berupa kelebihan maupun kekurangan dari kurikulum itu sendiri. Kekurangan dan kelebihan itu sendiri dapat berasal dari landasan, komponen, evaluasi, perinsip, metode, maupun model pengembangan kurikulum..
Kurikulum 2013 yang mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2013-2014 pada sekolah yang ditunjuk pemerintah, maupun pada sekolah yang sudah siap melaksanakannya. Meskipun masi premature, namun ada beberapa hal yang dirasakan oleh banyak kalangan terutama yang langsung berhadapan dengan kurikulum itu sendiri. Terdapat beberapa hal penting dari perubahan atau penyempurnaan kurikulum tersebut, yaitu keunggulan dan kekuranan yang terdapat disana-sini .
a.       Keunggulan kurikulum 2013
·         Siswa lebih dituntut aktif, kreatif dan inovatif dalam setiap pemecahan masalah yang mereka hadapi disekolah
·         Adanya penilaian dari semua aspek
·         Munculnya pendidikan karakter dan pendidikan budi pekerti yang telah diintegrasikan kedalam semua program studi.
·         Adanya kompetensi yang sesuai dengan tuntunan fungsi dan tujuan pendidikan nasional
·         Kompetensi yang dimaksud menggambarkan secara holistic domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
·         Dan banyak sekali kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan seperti pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan.
·         Hal yang paling menarik dari kurikulum 2013 ini adalah sangat tanggap terhadap fenomena dan perubahan sosial.
2. kelemahan kurikulum 2013
·         Guru banyak salah kaprah, karena beranggapan dengan kurikulum 2013 guru tidak perlu menjelaskan materi kepada siswa dikelas, padahal banyak mata pelajaran yang harus tetap ada penjelasan dari guru.
·         Banyak sekali guru-guru yang belum siap secara mental dengan kurikulum 2013  ini.
·         Kurang pemahaman dari guru mengenai konsep pendekatan scientific.
·         Kurangnya keterampilan guru merancang RPP
·         Guru tidak banyak menguasai penilaian autentik
·         Tidak pernahnya guru dilibatkan langsung dalam proses pengembangan kurikulum 2013, karena pemerintah cendrung melihat guru dan siswa mempunyai kapasitas yang sama.
·         Beban belajar siswa dan termasuk guru terlalu berat, sehingga waktu belajar disekolah terlalu lama.
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar