Minggu, 11 Desember 2016

Ontologi Ilmu



Ontologi membahas tentang apa yang ingin diketahui atau dengan kata lain merupakan suatu pengkajian mengenai teori tentang ada. Dasar ontology ilmu berhubungan dengan materi yang menjadi objek penelaahan ilmu dan bersifat empiris. Objek empiris dapat berupa objek material (ide/konsep, binatang, tumbuhan, batu-batuan dan manusia itu sendiri).

  • Asumsi pertama: suatu objek bisa dikelompokkan berdasarkan kesamaan bentuk. Untuk memberi arti tentang suatu objek ilmu ada beberapa asumsi (pembenaran jika….dipenuhi, maka…..hasil demikian) yang perlu diperhatikan: sifat (substansi), struktur atau komparasi dan kuantitatif.

  • Asumsi kedua: kelestarian relative, artinya ilmu tidak mengalami perubahan dalam periode tertentu (dalam waktu singkat).

  • Asumsi ketiga: determinasi artinya ilmu menganut pola tertentu atau tidak secara kebetulan.

Ilmu ekonomi mempunyai asumsi bahwa manusia adalah makhluk ekonomi yang bertujuan mencari kenikmatan sebesar-besarnya dan menjauhi ketidaknyamanan sebisa mungkin. Asumsi ini meletakkan manusia sebagai makhluk hedonis yang serakah. Ilmu ekonomi bertujuan menelaah hubungan manusia dengan benda/jasa yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya; sedangkan manajemen bertujuan menelaah kerja sama antarsesama manusia dalam mencapai tujuan yang telah disetujui bersama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar