Minggu, 25 Desember 2016

Hubungan filsafat ilmu dengan sosiologi ilmu



Hubungan filsafat ilmu dengan sosiologi ilmu

Sosiologi ilmu menyelidiki proses-proses, struktur-struktur, faktor-faktor dan syarat-syarat yang berlaku pada penyelenggaraan kegiatan ilmiah secara kolektif. Ini juga dilakukan oleh filsafat ilmu, tetapi lagi-lagi disini keduanya berbeda menurut obyek formal, karena filsafat ilmu justru mempertanyakan validitas ilmu itu sendiri (Beerling, hlm.2)
       Sejarah ilmu, psikologi ilmu, dan sosiologi ilmu menyelidiki latar belakang dan hubungan-hubungan faktual, mempertanyakan kembali serta de facto asal mula yang mempertumbuhkan serta memungkinkan atau pula yang merintangi dan membatasi timbulnya penyelenggaraan kegiatan-kegiatan ilmiah.
       Teteapi, filsafat ilmu mempertanyakan kembali secara de jure landasan-landasan dan azas-azas yang memungkinkan ilmu untuk memberikan pembernaran terhadap diri sendiri dan terhadap apa yang dianggap benar. Jadi, perbedaan filsafat ilmu dan ketiga ilmu itu terletak pada masalah yang hendak dipecahkan, dan metode yang digunakan. Filsafat ilmu tidak saja menyelidiki cara penyelenggaraan ilmu, tapi juga metodologi ilmu, yakni azas-azas dan alas an yang menyebabkan ilmu mengkalim diri memperoleh pengetahuan ilmiah. (Beerling dkk,2-3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar