Minggu, 11 Desember 2016

visi dan misi kementerian pendidikan dan kebudayaan



Visi dan misi kementrian pendidikan dan kebudayaan
 
Dalam rangka mewujudkan cita-cita  mencerdaskan kehidupan bangsa, serta sejalan dengan visi dan misi pendidikan nasional, kemendiknas (Renstra kemendiknas 2010-2014) mempunyai visi 2025 untukmenghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Komperatif (Insan Kamil/Insan Paripurna). Insan Indonesia cerdas adalah insan yang komperhensif, yaitu cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestis.
Cita-cita kemendikbud dalam pembangunan dalam pembangunan pendidikan nasional lebih ditekankan pada pendidikan transpormatif, dengan menjadikan pendidikan sebagai motor penggerak perubahan dari masyarakat berkembang menuju masyarakat maju. Pembentukan masyarakat maju selalu diikuti oleh transformasi stuktural,yang menandai suatu perubahan dari masyarakat yangpotensi kemanusiaannya kurang berkembang menuju masyarakat maju dan berkembang yang mengaktualisasikan potensi kemanusiaannya secaraoptimal. Bahkan, pada era gelobal sekarang,transpormasi itu berjalan dengan sangat cepat yang kemudian mengantarkan masyarakat Indonesia pada masyarakat berbasis pengetahuan.
Pencapaian visi 2025dibagi menjadi empattema pembangunan pendidikan nasional, dan tema pembangunan kedua (2010-2014) difokuskan pada penguatan layanan pendidikan. Sejalan dengan focus tersebut, visi kemendiknas 2014adalah terselenggaranya layanan prima pendidikan nasional untuk membentuk insan Indonesia cerdas komperhensif.  Layanan prima pendidikan nasional adalah layanan pendidikan yang : 
1.      Tersedia secara merata diseluruh pelosok Nusantara
2.      Terjangkau oleh seluruh lapisan ,asyarakat
3.      Berkualitas/bermutu dan relvan dengan kebutuhan kehidupan bermasyarakat,dunia usaha dan dunia industry.
4.      Setara bagi warga Negara indonesiadalam memperoleh pendidikan berkualitas dengan memperhatikan keberagaman latar belakang sosial budaya,ekonomo,geografi, gender,dan sebagainya
5.      Menjamin kepastian warga Negara Indonesia mengenyam pendidikan dan menyesuaikan diri dengan tuntutan masyarakat, dunia usaha, dan dunia industry.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar