Minggu, 25 Desember 2016

Makna filsafat ilmu sebagai metode



Makna filsafat ilmu sebagai metode

Makna filsafat ilmu sebagai metode dapat diuraikan sebagai berikut:
·         Filsafat ilmu merupakan metode atau tata cara penulisan karya ilmiah atau penelitian.  
·         Filsafat ilmu merupakan refleksi filsafat yang tidak pernah mengenal titk henti dalam menjelajahi kawasan ilmiah untuk mencapai kebenaran atau kenyataan. 
·         Filsafat ilmu memberi landasan berpikir bagaimana ilmu dikembangkan (teologis, etis dan integratif), keterjalinan antara cabang ilmu yang satu dengan yang lain, memberikan sikap mental (mind set) untuk selalu bertindak arif, terhindar dari kecongkakan intelektua, terhindar dari arus yang memandang kebenaran ilmiah sebagai barang jadi, selesei dan berhenti dalam kebekuan normative untuk diulang-ulang sebagai barang hafalan.  
Filsafat ilmu melakukan kajian teoritis konsep/teori ilmu dan memeriksa asumsinya untuk memperoleh kearifan dna keakuratan, sehingga diperoleh landasan kebenaran yang kuat.
METODOLOGI
          Metodologi merupakan suatu pengkajian dalam mempelajari metode. Ada metode ilmiah dan nonilmiah. Ada metodologi penilaian kuantitatif dan kualitatif. Ada metode ilmiah untuk ilmu sosial dan ilmu estetika. Metode ilmiah menjaga perkawinan keseimbangan antara deduksi dan induksi. Metode ilmiah prosedur untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut ilmu pengethauan. Metode adalah merupakan ekspresi mengenai cara berfikir (kegiatan mental yang menghasilkan pengetahuan) atau suatu prosedur mengetahui sesuatu, yang mempunyai langkah-langkah yang sistematik.
METODE ILMIAH
       Metode ilmiah merupakan perpaduan metode kuantitatif, kualitatif dan verifikatif, sehingga dikenal sebagai metode logiko-hipotetiko-verifikatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar